Senin, Agustus 15, 2011

Mahir Komputer Tidak Diraih Dalam Semalam

Wah..judulnya seperti sharing tentang kesabaran nih..Betul, ini tentang kesabaran..

Sore tadi saya ke Gramedia, niatnya mau cari sesuatu yang saya tidak tahu soal virus komputer. Kalau kemarin mashengky.com mengkritik trend topik buku-buku komputer, kali ini saya lebih tertarik menyoroti masalah judul di sampul depan buku komputer.

Biasanya buku komputer menjanjikan waktu tertentu untuk menguasai materi yang di tulisnya, contoh: “Mahir Office Word 2007 dalam 7 Jam”..

Memang benar, 7 jam adalah waktu yang akan kita butuhkan untuk mengikuti step by step langkahnya secara lancar tanpa menemui masalah. Bila buku itu terdiri dari 7 Bab, berarti setiap bab membutuhkan 1 jam pelajaran.

Tapi bila menemukan kesulitan pada salah satu bab, dan kita yakin sekali telah mengikuti langkahnya secara benar sesuai dengan buku, lalu masalahnya tidak juga terpecahkan, kemudian Anda menghujat isi bukunya dengan sumpah serapah.

Pertanyaannya apa benar 7 Jam kalau kita pelajari dengan lancar Anda pasti menjadi mahir?

Sesuai pengalaman saya, mahir komputer tidak didapat dalam semalam. Pelajaran yang sebenarnya adalah terletak dari seberapa kuat kesungguhan kita memecahkan masalah yang dihadapi.

Kalau kebuntuan itu terjadi, kita bisa melakukan banyak hal untuk mencari jalan keluarnya, bisa tanya ke google dimulai dengan mengetikan “bagaimana cara….” pada kolom pencarian, ataupun kembali lagi ke toko buku untuk melihat referensi dari penulis lain atau..tanya ke rekan yang lebih ahli..

Sadar tidak sadar.. proses mencari jalan keluar itulah cikal bakal kemahiran kita dibentuk. Karena disitu pikiran dan hati kita menganalisa permasalahan yang ada..

Jadi 7 Jam pelajaran bukan jaminan untuk mahir, 7 Jam atau lebih tidak penting, yang penting adalah kesabaran…, ketekunan…

Tidak ada komentar: