Senin, Agustus 15, 2011

Buku: Gimana cara belajar komputer Yang efektif dari buku?

“O, gampang..bakar saja bukunya lalu abunya kita minum..”.

burnfrontItu adalah guyonan setiap orang yang mau belajar lewat jalan pintas.. Tapi Apa benar bisa? Kalau menurut saya sih bisa. Caranya?

Okey..saya jelaskan logikanya pelan-pelan ya..Buku tercipta karena adanya pengalaman yang pernah di lalui oleh penulis, dalam beberapa waktu dan hasilnya dirasakan dapat bermanfaat bagi dirinya dan orang lain

Melalui tulisan yang ada dalam bukulah, penulis ingin membagi ilmunya.
Kalaupun penulis itu pernah melakukan kesalahan, dia akan memberikan saran agar kita juga tidak melakukan kesalahan yang pernah dia alami….

kalau dia pernah melakukan suatu kebenaran dia ingin pembacanya juga mengikuti cara yang pernah dilakukan ketika mencapai kebenaran itu, dengan harapan pembaca dapat dengan mudah mempraktekan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Kemudian dapat ditarik kesimpulan, dengan sebuah buku kita mendapat masukan dari orang yang lebih dulu sukses dibidangnya. kalau penulis telah berpengalaman 10 tahun, sama saja dengan mendapatkan ilmu yang didapat selama 10 tahun dari pengalaman orang lain.

Lalu bagaimana dengan cara membaca buku komputer? berikut pengalaman saya:

  1. Usahakan mempraktekan seluruh langkah demi langkah cara yang ada di komputer. Jangan terlewatkan dan Jangan dihapalkan. Karena komputer bukan pelajaran menghafal
  2. Kalau masih ada yang kurang paham lewatkan saja, catat masalahnya, kemudian,
  3. Ikut dalam sebuah forum yang berkaitan dengan buku itu, biasanya penulis buku komputer menuliskan komunitas yang diikutinya dalam daftar pustaka, kalau masih belum menemukan jawaban:
  4. Coba ulang lagi langkahnya, mungkin ada yang terlewatkan, atau hubungi penulis via email atau telpon langsung..
  5. Untuk mengulas kembali, praktekan langsung dengan cara misalnya, kita mempelajari buku desain grafis, contek bentuk layout buku itu dengan berbekal buku yang kita pegang. Bila ada materi yang tidak memuaskan, akan cepat diketahui, dengan begitu pengatahuan kita juga ikut bertambah..
  6. Waktunya narsis atau mempromosikan hasil karya kita ke orang lain lewat Fesbuk, friendster atau sebarkan via email ke rekan2 kita..Dengan harapan kita akan mendapat kirik dan saran yang membangun, sekaligus memberitahukan kepada dunia bahwa saat ini kita sedang menekuni bidang itu..
  7. Berbagilah ilmu yang sudah kita pelajari dengan menawarkan bantuan secara sukarela ke orang lain..Dengan memberi maka ilmu juga akan bertambah, bukan berkurang..

Soal harga, jangan takut..Harga-harga buku komputer di Gramedia berkisar antara 20 ribu sampai 50 ribuan..

Yuk Baca Buku, Biar Jago Komputer!!

Tidak ada komentar: