Jumat, Agustus 12, 2011

menyiapkan partisi untuk dual boot windows

Misalnya Anda sudah memiliki komputer yang terinstall Windows. Dan Anda ingin menginstall Linux, dual boot dengan Windows. Beberapa distro sudah memiliki fitur untuk instalasi di partisi windows (menggunakan Wubi misalnya), dan sebagian distro linux juga sudah bisa melakukan resizing partisi NTFS.

Saya sendiri lebih menyukai menyiapkan partisi kosong di Windows. Untuk nantinya digunakan saat menginstall linux. Dan salah satu aplikasi untuk mengatur partisi di windows adalah MiniTools Partition Wizard Home Edition. Lisensinya free utk penggunaan keperluan pribadi.

Mempartisi Hardisk

Download aplikasi dari link yang saya berikan di atas, install dan jalankan aplikasinya. Lalu ikuti cara mempartisi harddisk spt screenshot di bawah ini.

Pilih Partisi yang akan di Resize



Klik Kanan, pilih Move/Resize

Untuk instalasi Linux di komputer dualboot, biasanya saya sediakan partisi 10GB + space utk partisi SWAP. Partisi SWAP ini sizenya sama dengan kapasitas memory terpasang. Jika memory terpasang 2GB maka sediakan partisi utk swap sebesar 2GB juga. Dengan cara ini, Anda yakin fitur hibernate bisa berjalan dengan baik di Linux yang akan Anda install nanti.

Atur besar partisi kosong untuk instalasi Linux

Partisi kosong, siap digunakan utk instalasi Linux

INFO: Jika partisi yang Anda resize adalah partisi tempat Windows terinstall, Anda akan diminta untuk restart dan proses resize partisi akan dilakukan saat windows di booting ulang.

Tidak ada komentar: