Kamis, Juli 07, 2011

Mengembalikan/Memperbaiki GRUB Loader dan MBR di Ubuntu -Boot-Repair

GRUB adalah Boot Loader untuk Linux, terkadang terjadi kegagalan ketika anda membuat Dual Boot Windows dengan Ubuntu. Umumnya, kita kehilangan akses ke Bootloader Linux ketika menginstal Windows melalui Ubuntu atau mem-format partisi menggunakan Windows yang menyebabkan kerusakan Master Boot Record ( MBR )

Boot-Repair adalah sebuah program untuk memperbaiki masalah yang berkaitan denganGRUB Bootloader. Aplikasi ini dapat memperbaiki GRUB hanya dengan beberapa klik saja.

Boot-Repair dapat mengembalikan akses ke sistem operasi yang telah hilang, dan menghapus entri yang tidak berlaku lagi. Hal ini memungkinkan anda mengembalikan Master Boot Record jika sudah disimpan sebelumnya. Kemudian, memungkinkan memilih partisi atau disk yang untuk menginstal GRUB, dan akhirnya memungkinkan mengurutankan boot dari berbagai sistem yang telah diinstal.

Cara Memperbaiki GRUB Bootloader di Ubuntu

Boot-Repair dapat digunakan dalam sesi sepertia biasa sebuah aplikaasi digunakan, tetapi jika anda membutuhkannya dalam keadaan darurat ketika anda kehilangan akses dan tidak dapat masuk ke Ubuntu sama sekali. Jadi, anda dapat menggunakannya dengan menjalankan lewat Live CD Ubuntu.

Install Boot-repair

Buka terminal dan ketikkan:

sudo apt-add-repository ppa yannubuntu / boot-repair


sudo apt-get update


sudo apt-get install ubuntu-boot-repair


Setelah selesai diinstall maka dapat diakses dari Applications Menu.



Boot-Repair1



Pilih pilihan yang sesuai untuk memperbaiki masalah. Misalnya, anda dapat memilih OS to Boot by default (jika memiliki beberapa OS yang terinstall) atau place GRUB into SDA lalu Apply untuk melanjutkan.





Boot-Repair 2



Setelah selesai, sebuah jendela konfirmasi akan akan muncul dan anda harus me-restartkomputer terlebih dahulu.

Tidak ada komentar: