Sabtu, Juni 25, 2011

Free Software untuk Proteksi Folder

Adakalanya kita membutuhkan tempat untuk menyimpan file-file yang bersifat penting atau pribadi dalam sebuah folder khusus yang tidak bisa dibuka oleh orang lain. Hal ini terutama apabila komputer milik kita juga dipakai rame-rame oleh orang lain. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Encryption File System agar tidak sembarangan orang /user bisa membuka folder pribadi milik kita.

Disamping menggunakan Encryption File System kita juga bisa memanfaatkan software-software tertentu agar data private kita tetap tersimpan dengan aman. Dibawah ini adalah 3 free software yang bisa kita gunakan untuk melindungi data-data private kita sehingga tidak bisa diakses sembarangan oleh orang lain.



1. Free Hide Folder
Sesuai namanya dengan aplikasi ini kita bisa menyembunyikan dan memproteksi folder-folder pribadi milik kita. Folder kita menjadi tidak kelihatan di windows explorer, bahkan apabila oramg lain mengetahui lokasi folder tersebut tetap tidak bisa dibuka.
URL : http://www.cleanersoft.com/hidefolder/free_hide_folder.htm

2. My Lockbox
Program ini mirip dengan Free Hide Folder, tetapi dengan My Lockbox kita hanya bisa memproteksi satu folder saja. Jadi semua file dan folder-folder lainnya yang kita anggapprivate kita masukan saja ke folder tersebut.
URL : http://www.fspro.net/my-lockbox

3. Microsoft Private Folder
Aplikasi freeware dari micosoft ini secara default akan membuat folder bernama "My Private Folder" di "C:\Documents and Settings\User". Setelah di-lock folder tersebut akan tetap terlihat di windows explorer. Tetapi untuk mengaksesnya kita harus memasukkan kata sandi yang telah dibuat.
URL : http://www.softpedia.com/progDownload/Microsoft-Private-Folder-Download-44412.html

Itulah beberapa free software untuk proteksi data-data kita yang bersifat private.Sebenarnya ada program lain selain 3 free software diatas yaitu : TrueCrypt. Insya Allah catatan tentang penggunaan TrueCrypt ini akan saya posting dalam kesempatan yang akan datang.

Tidak ada komentar: