Sabtu, Agustus 13, 2011

Memaknai INSTALL

Waktu awal belajar komputer, saya pernah mengajukan pertanyaan yang sangat sederhana pada beberapa orang mengenai : "Apa pengertian Install atau Installasi (Dalam konteks Software) ?". Namun dari semua jawaban yang disampaikan, justeru saya semakin bingung (maklum, masih blo'on beratLaughing).

Kata "Install" seringkali terdengar ketika suatu komputer dinyatakan rusak, eror dan sebagainya. Bahkan kemudian adalagi yang membumbuinya menjadi Install Ulang atau Re-install.

Waktu itu, yang saya butuhkan adalah definisi sederhana yang dapat langsung difahami, tapi rupanya mereka yang saya tanyapun cukup kesulitan menjawab.

Nah, jika anda kebetulan juga masih kesulitan menerjemahkan itu, maka Install (dalam konteks software) adalah : "Proses memasukkan /memasang program". Dalam dunia System Operasi, tentu saja program tersebut akan dimasukkan ke dalam harddisk. Sedangkan bagi mereka yang menganut ilmu hardware, bisa saja program itu dimasukkan dalam perangkat mekanis, seperti BIOS dll.

Sehingga, yang perlu dibahas kemudian adalah object dari penempatan proses Install.

Di suatu acara diskusi komputer di pesantren, pernah juga ada santri yang menanyakan makna Install. Akhirnya, supaya mereka cepat faham, sayapun menyampaikan definisinya dengan bahasa pesantren, bahwa Install adalah Idghom (dalam ilmu tajwid), yang berarti : memasukkan sesuatu ke dalam sesuatu.Wink
"Sesuatu" yang pertama adalah program, dan "sesuatu" yang kedua bisa harddisk dan bisa media lain.

Tidak ada komentar: